Teknologi telah senantiasa berevolusi dengan tempo yang cepat saat ini. Perubahan juga senantiasa terjadi secara simultan dalam setiap industri pada zaman digital ini. Membuat perbedaan yang berkualitas dalam dunia bisnis saat ini dapat Anda rasakan salah satunya dari tren mobile working
 
Dengan adanya berbagai platform dan alat kerja berbasis digital saat ini, melaksanakan pekerjaan secara operasional pun menjadi semakin mudah dan efektif. Begitu juga yang dirasakan dalam dunia pekerja berbasis teknis di lapangan. Teknisi dengan perangkat seluler di genggamannya sekarang dapat memberikan kinerja yang lebih baik dan melakukan pekerjaan mereka secara efisien tanpa perlu pengawasan secara langsung.
 
Apa Saja Hambatan Yang Senantiasa Terjadi Dalam Industri Dengan Teknisi Saat Ini ?
 
  • Kesulitan dalam mengelola pekerja atau teknisi (khususnya dengan tingkat pendidikan yang rendah)

  • Kesulitan dalam merancang schedule untuk setiap pekerjaan yang berdatangan (biasanya hanya berupa survival mode - berpikir hanya untuk hari demi hari).

  • Kesulitan untuk memeriksa log kerja dari setiap teknisi - Siapa saja yang bekerja dengan baik, atau melenceng dari pekerjaan dan waktu yang dihabiskan.

  • Membagi pekerjaan kepada teknisi dengan kurang efisien - Misalnya jika A memiliki keahlian membenarkan mesin cuci saja, karena banyaknya pesanan akan service lain, A juga diberatkan dengan tugas untuk melaksanakan service mesin lain, padahal hal tersebut bukanlah keahlian dari A.

  • Bergantung pada kertas - Hal ini bersifat kurang baik karena berpengaruh pada penghabisan sampah kertas dan juga memiliki potensi kehilangan jika dibawa oleh teknisi dalam jumlah yang terlalu banyak dan bisa terselip.

  • Ada resiko dimana teknisi dapat “mengelabui” tim internal perusahaan karena tidak ada bukti konkrit akan pekerjaan dan parts yang dapat dilacak secara bersamaan.

  • Tidak dapat melacak alat atau parts yang diambil atau hilang saat dibawa oleh teknisi dalam melaksanakan service.

Apa Yang Sebenarnya Dimaksud Dengan Field Service Management?

Field Service Management merupakan solusi berbasis aplikasi maupun website untuk melacak dan memonitor setiap pekerjaan lapangan yang dilakukan teknisi agar senantiasa selaras dan terukur oleh perusahaan. Field Service Management dapat diartikan sebagai sistem yang terintegrasi dan dirancang untuk melacak berbagai komponen operasional dalam pekerjaan lapangan. Komponen operasi tersebut biasanya berupa manajemen persediaan, pelacakan teknisi, penjadwalan kerja, pembagian shift dan deskripsi pekerjaan, portal bagi pelanggan, dan sebagainya. 
 
Jika ditinjau dari sektor software-as-a-service (SaaS), manajemen komponen melalui sistem manajemen lapangan ini dapat dikendalikan dan dikontrol melalui portal berbasis aplikasi atau website yang dapat diakses dari perangkat seluler teknisi terkait maupun perangkat desktop tim internal pada perusahaan.
 
Apa Saja  Manfaat Dari Field Service Management Untuk Perusahaan Anda?
 

Berdasarkan riset dari Capterra, ditemukan bahwa 97% pengguna software Field Service Management (FSM) memiliki beberapa dampak positif  pada bisnis yang mereka jalankan.

Field Service Management ini dapat membantu Anda untuk menjalankan tindakan operasional dari setiap teknisi dan memudahkan pengawasan terhadap setiap service yang dilakukan. Beberapa manfaat yang paling terasa dari penggunaan field service management ini adalah:
 
    • Data yang lebih terukur dan dilihat serta dilacak secara real-time. Hal ini memudahkan para tim internal untuk melacak keberadaan teknisi dan parts atau alat apa saja yang digunakan oleh teknisi. 

    • Sistem yang berjalan dengan lebih transparan dan ramah lingkungan (paperless).

    • Proses operasional layanan yang lebih efektif untuk tim internal, teknisi, dan tentunya konsumen Anda.

    • Penjadwalan yang lebih efisien - Salah satu masalah terbesar bagi teknisi lapangan dan operator internal adalah penjadwalan dengan e-field management ini, Anda dapat melakukan penjadwalan dan peringatan waktu yang lebih baik dan secara real-time